banner 728x250
Daerah  

Piknik ke Garut, 5 Oleh-oleh Ini Jangan Lupa Dibawa Pulang!

banner 120x600
banner 468x60

Kabar Garut – Melewati Garut, tentu ada oleh-oleh yang bisa Anda beli. Tak hanya dodol, ada juga kerupuk renyah dengan rasa unik yang patut Anda coba. Arus mudik dari daerah Jawa memang sedang ramai. Kalau melewati Garut, sebaiknya mampir saja ke pusat oleh-oleh disekitaran kota Garut. Ada banyak makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Garut yang wajib jadi buah tangan.

1. Jeruk Garut

banner 325x300

Jeruk menjadi salah satu buah yang populer di Garut. Di Garut, ada banyak sekali penjual jeruk yang menjual dagangannya di outlet sederhana hingga mobil pick up. Jeruk Garut ini punya warna kulit hijau kuning. Rasanya manis dan segar. Per Kg nya dibandrol dengan harga sekitar Rp 10.000.

2. Dodol

Dodol yang manis dan kenyal bisa jadi oleh-oleh enak. Salah satu merek dodol yang terkenal adalah Dodol Picnic. Sudah dikemas apik, dodol ini sangat pas jadi bawaan buah tangan setelah mudik untuk teman kantor ataupun keluarga di rumah.

3. Chocodot

Ada inovasi terbaru dari oleh-oleh khas Garut. Cokelat yang dibuat menjadi campura dodol ini. Cokelat dipadu dengan berbagai bahan lokal seperti buah, kacang, cabai dan bahkan dodol terciptalah Chocodot yang unik. Kemasannya juga sangat menarik dan cocok jadi oleh-oleh untuk teman.

4. Dorokdok

Dorokdok jadi salah satu oleh-oleh terkenal asal Garut yang gurih. Meskipun bentuknya mirip seperti kerupuk kulit, dorokdok terbuat dari kulit sapi bukan dari kulit kerbau. Dibungkus plastik besar, dorokdok bisa jadi hantaran nikmat buat oleh-oleh sekaligus teman makan nasi.

5. Opak

Kerupuk khas Sunda ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi bumbu garam, gula hingga penyedap. Teskturnya renyah dan gurih enak. Dijual dalam kemasan plastik rapih, opak ini enak untuk camilan selama perjalanan. Bisa juga jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Artikel ini dimuat juga pada food.detik.com dengan judul “Lewat Garut? 5 Oleh-oleh Ini Jangan Lupa Dibawa Pulang!”

Editor : Kabar Garut

 

banner 325x300