banner 728x250

Apa Saja Fungsi Lapisan Termosfer Bumi dan Ciri-Cirinya ?

banner 120x600
banner 468x60

Fungsi lapisan termosfer sebagai salah satu lapisan di atmosfer Bumi tentu cukup penting.

Lapisan atmosfer ini berada di atas mesosfer dan tepat di bawah eksosfer. Dengan kata lain, termosfer menjadi lapisan puncak kedua sebelum eksosfer. Lantas, apa ya fungsi dari lapisan ini?

banner 325x300

Pengertian dan Fungsi Lapisan Termosfer

Bumi memiliki lapisan atmosfer di luarnya. Lapisan atmosfer tersebut tidak lain berfungsi untuk menangkal radiasi Matahari secara langsung.

Selain itu, atmosfer juga berguna sebagai tempat pembakaran benda langit yang masuk ke Bumi. Hal yang perlu kamu tahu adalah atmosfer tidak hanya terdiri satu lapisan saja.

Ada beberapa lapisan yang membentuk atmosfer. Tentunya lapisan tersebut memiliki fungsi yang berbeda juga.

Kali ini kita akan membahas fungsi dari termosfer. Sebelum itu, apa arti termosfer?

Termosfer merupakan lapisan atmosfer yang berada di urutan keempat dari bawah dan kedua dari atas. Lapisan atmosfer berada di sekitar 85 kilometer dari permukaan Bumi.

Berikut ini fungsi dari lapisan termosfer:
Termosfer berguna sebagai tempat terjadinya proses ionisasi dari gas yang Matahari keluarkan. Molekul oksigen dan beberapa gas lain akan terpecah dan menjadi oksigen atomik di lapisan ini.
Lapisan termosfer berfungsi sebagai pemantul gelombang elektromagnetik untuk memantulkan gelombang radio. Gelombang akan berosilasi dan merambat melewati ruang serta membawa energi.

Perlu kamu tahu bahwa lapisan atmosfer yang memiliki kemampuan pantulan gelombang hanya termosfer.

Dengan pantulan gelombang, maka orang-orang dapat saling terhubung dan bertukar informasi dari jarak yang jauh sekalipun.

Ciri-Ciri Termosfer
Mengetahui fungsi lapisan termosfer saja tentu tidak cukup. Kamu juga harus bisa mengetahui ciri-ciri dari lapisan ini.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya termosfer memiliki nama lain, yaitu ionosfer. Nama tersebut berkaitan dengan ciri utama dari lapisan ini.

Di lapisan termosfer, sebagian besar molekulnya mengalami ionisasi. Itulah kenapa termosfer juga terkenal dengan nama ionosfer. Ion-ion tersebutlah yang berguna sebagai pemantul gelombang radio.

Ciri kedua dari termosfer adalah keberadaan lapisan inversi yang berfungsi untuk menunjukkan bahwa semakin naik maka suhunya semakin tinggi.

Suhu rata-rata di termosfer juga sangat panas, sekitar 500 sampai 2.000 derajat Celcius. Pada lapisan inilah benda luar angkasa yang masuk akan terbakar habis.

Lapisan udara termosfer juga sangat tipis, gas yang ada di lapisan tersebut hanya berupa atom oksigen (O), helium (He), dan atom nitrogen (N).

Bahkan, beberapa ahli mendefinisikan lapisan termosfer sebagai luar angkasa karena sudah berada jauh di atas permukaan Bumi dan tidak lagi memiliki udara yang cukup.

Karena lapisan ini memiliki kemampuan memancarkan gelombang radio, maka fungsi lapisan termosfer yang manusia manfaatkan adalah sebagai tempat satelit buatan. Namun, para ilmuwan juga tetap harus memperhitungkan ketinggian agar satelit tersebut bisa terus bergerak.

banner 325x300