banner 728x250

Perpaduan Irama yang Harmonis, Dinamis dan Atraktis Kesenian Badogar

banner 120x600
banner 468x60

Kabar Garut – Badogar (Barong Domba Garut), kesenian ini merupakan seni helaran dari tari barong domba yang ditabuh secara kaloborasi dengan tarian dan musik tradisional yang dilengkapi alat berupa kohkol, tarangtang dan kecrek sehingga menghasilkan satu perpaduan irama yang harmonis, dinamis dan atraktis.

Badogar ini merupakan salah satu kesenian yang menarik, mengingat kesenian ini merupakan kesenian yang terbilang baru dan hangat karena Badogar baru diciptakan pada awal tahun 2011 oleh seniman sunda kecamatan Cilawu, kota Garut yang terinspirasi dari populernya Reog Ponorogo yang sudah mendunia ke internasional.

banner 325x300

Apa yang membuat Barong Domba Garut ini menarik ?

  • Ciri utama kesenian ini ialah kepala domba garut yang merupakan domba asal Garut yang menjadi ikon Kabupaten Garut.
  • Gerakan yang khas pada badogar adalah gerakan berputar-putar dan saling membenturkan kepala antar pemain badogar yang dilapisi bulu imitasi boneka yang menceritakan pertempuran domba hingga terjadinya menang dan kalah. Gerakan tersebut merupakan gerakan khas pembarong reog mengadu kepala yang sebelumnya sering dilakukan pada tragedi Gerakan 30 september PKI.
  • Berbeda dengan kesenian sunda lainnya, pemain Badogar sebagaian besar adalah remaja yang masih mengenyam pendidikan baik SD hingga universitas. Sehingga peminat kesenian inipun lebih beragam.

Dimana Kesenian Badogar ini sering dipertontonkan?

Secara umum seni badogar bisa digunakan yang sifatnya outdoor dan indoor. Secara khusus seni badogar bisa dimanfaatkan atau digunakan dalam acara seperti:

  1. Penyambutan tamu
  2. Hari besar kenegaraan
  3. Khitanan dan pernikahan
  4. Ulang tahun dan peresmian
  5. Hiburan umum

Sumber : Dunia budaya garut

Editor : Kabar Garut

banner 325x300