Kenapa Obat Berwarna-warni?

banner 468x60

Warna-warni pada obat

Industri farmasi sangat penting, setiap komponen memerlukan kecermatan. Dalam hal kode warna obat-obatan, ada banyak sekali pedoman yang harus diikuti. Pedoman tersebut terbit oleh otoritas relatif untuk mengawasi pemalsuan obat dan penggunaan warna berbahaya.

Beberapa warna yang populer pada obat-obatan adalah putih, biru, hijau, merah dan coklat. Warna-warna ini terbuat dari bahan alami atau sintetis. Pengukuran warna farmasi sangat penting karena formulasi warna untuk obat memerlukan banyak pertimbangan.

banner 336x280

Warna memang memiliki dampak psikologis pada manusia yang juga menghasilkan penyembuhan yang cepat. Dalam kasus obat anak, warna sering dikombinasikan dengan rasa untuk memudahkan konsumsi.

Dalam kasus seperti itu, menjadi penting bahwa warna berhubungan dengan rasa secara alami. Pengukuran warna dan kontrol perlu untuk mencapai konsistensi dalam aplikasi pewarna farmasi.

 


AlasanĀ obat-obatan berwarna-warni

Saat kita meminum obat, kita dapat melihat dengan jelas bahwa meskipun kebanyakan pil berwarna putih, ada banyak pil berwarna lain. Mengapa obat-obatan memiliki begitu banyak warna yang berbeda? Berikut beberapa ini alasannya:

Warna tablet sebagian besar merupakan warna utama obat

Warnanya tergantung pada konsentrasi zat kimia di dalamnya. Tablet berberin berwarna kuning, karena bahan aktifnya berwarna kuning. Yang serupa lainnya adalah tablet kandung empedu anti-inflamasi biru, tablet dipyridamole merah, dan tablet karbon obat hitam.

Obat-obatan berwarna-warni mudah dibedakan

Bentuk dan warna tablet dan kapsul merupakan penanda penting untuk membedakan obat yang berbeda. Pil dengan warna dan bentuk yang berbeda dapat dengan cepat dibedakan ketika banyak obat diminum.

Tampaknya ada korelasi implisit antara warna dan harapan obat berdasarkan warna obat

Studi telah menemukan bahwa obat merah, kuning dan oranye menghasilkan efek iritasi yang lebih intens, sementara biru dan hijau menghasilkan kecenderungan yang lebih kuat untuk tenang. Ini menjadi salah satu alasanĀ obat-obatan berwarna-warni.

Dalam menghadapi obat yang berbeda warna, pasien lebih cenderung berpikir bahwa obat merah dan hitam akan lebih manjur, sedangkan obat putih akan lebih lemah.

Pilihan perusahaan farmasi

Saat memilih penampilan obat, tidak ada arti khusus atau keseragaman warna. Perusahaan farmasi akan memilih warna yang paling menarik bagi pelanggannya untuk obat salut warna atau kapsul.

Menghindari kerusakan

Pigmen memiliki lebih banyak atau lebih sedikit bayangan. Pewarna dan opacifier sering ditambahkan ke kapsul untuk mencegah cahaya melewatinya. Itu dapat menstabilkan bahan di dalam isinya dan bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas bahan aktif peka cahaya.

Pigmen pada lapisan gula tablet juga dapat bertindak sebagai efek perisai cahaya untuk menghindari kerusakan obat.

Efek plasebo

Persepsi berdasarkan warna obat ini tampaknya mempengaruhi keefektifannya. Satu studi menunjukkan bahwa merah, kuning, dan oranye biasanya berkaitan dengan efek stimulan. Sedangkan biru dan hijau terkait dengan efek penenang.

Untuk beberapa pasien, prasangka yang mereka miliki sebelum minum obat dapat mempengaruhi hasil mereka selama pengobatan, baik dari segi efektivitas dan efek samping. Ini dikenal sebagai efek plasebo.

Efek plasebo merupakan efek psikologis atau fisik apa pun yang timbul oleh pengobatan plasebo (tanpa bahan aktif) pada seseorang.

Efek plasebo tidak terbatas pada warna obat. Ukuran atau bentuk obat, prasangka pasien, dan banyak faktor lain dapat berkontribusi pada kekuatan efek plasebo.

Itulah sedikit informasi mengenai alasan obat-obatan berwarna-warni. Semoga informasi ini membawa manfaat untuk Anda.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *