Mitos Vs Fakta: Daging Kelelawar Bisa Jadi Obat Asma, Apa Benar?

BERITAGARUT.COM — Beberapa daerah menjajakan daging kelelawar dengan iming-iming bisa mengobati penyakit asma. Tak sedikit orang Indonesia yang juga sengaja mengonsumsi daging kelelawar dengan maksud dan tujuan yang sama.
Pertanyaannya, apa benar daging kelelawar bisa jadi obat asma?

Dokter spesialis penyakit paru di Rumah Sakit Royal Taruna, Jakarta Barat Budhi Antariksa dengan tegas membantah hal tersebut. Kata dia, belum terbukti asma bisa sembuh hanya dengan makan daging kelelawar.

“Itu mitos ya. Tidak ada buktinya kalau daging kelelawar bisa menyembuhkan asma,” kata Budhi . Budhi menegaskan, tak ada bukti sains konkret yang memvalidasi anggapan bahwa daging kelelawar bisa jadi obat asma.

“Tidak ada penelitian ilmiahnya, tidak ada buktinya,” kata dia.

Lagi pula, asma bukan penyakit yang bisa disembuhkan. Asma hanya bisa dikendalikan dengan obat-obatan dan terapi pemicu asma.

“Sejauh ini asma itu tidak bisa sembuh, hanya bisa dikendalikan,” kata dia.

Asma sendiri merupakan penyakit yang muncul pada saluran pernapasan. Biasanya, asma terjadi karena peradangan di saluran udara.

Saat mengalami asma, penderitanya mengalami penyempitan saluran napas yang disebabkan peradangan otot-otot di sana. Meski demikian, Budhi menyebut tak ada sebab pasti kenapa seseorang bisa mengalami asma.

Hal yang bisa diketahui sejauh ini adalah pemicunya. Misalnya, kata dia, radang dingin, asap rokok, hingga bulu hewan.

“Pengendaliannya bisa dengan meminimalisir pemicunya, bukan dengan makan daging kelelawar,” katanya.

Dengan demikian, penjelasan di atas menegaskan bahwa daging kelelawar tak bisa dijadikan sebagai obat asma