7 Olahan Ayam Ala Korea, Cocok Buat Makan Bersama Pasangan dan Keluarga

informasi, Kuliner216 Views
banner 468x60

BERITAGARUT.COM — Menjamurnya tren Korea membuat dunia kulinernya pun ikut digemari oleh banyak orang Indonesia, salah satunya adalah olahan ayam. Kalau kamu sering menonton K-drama dan K-show, pasti tidak asing lagi dengan sajian ayam yang menggiurkan. Makanan yang satu ini memang menjadi salah satu santapan favorit orang Korea.

Olahan ayam ala Korea sendiri bisa kamu santap untuk berbagai kesempatan, termasuk makan bersama orang-orang tersayang. Bisa menjadi lauk sebagai teman nasi, atau bisa juga menjadi camilan untuk obrolan santai.

banner 336x280

Dengan jenis beragam mulai dari yang manis sampai pedas, olahan ayam cocok untuk disantap bersama pasangan dan keluarga. Langsung saja simak olahan ayam ala Korea berikut ini, ya!

1. Padak Chicken

Yang pertama ada Padak Chicken, olahan ayam super krispi yang disajikan dengan daun bawang dan saus khasnya. Padak Chicken digoreng dua kali sehingga menghasilkan tekstur yang krispi. Selain itu, adonan tepung pada olahan ayam ini juga ditambah dengan pati kentang.

Untuk topping-nya, daun bawang diiris tipis-tipis dan diletakkan di atas ayam yang sudah matang. Sedangkan sausnya menggunakan bahan-bahan seperti bawang putih, kecap, dan mustard.

Meski terkesan repot karena harus menggoreng dua kali, tapi tekstur krispi dari Padak Chicken ini akan bikin kamu ketagihan. Kamu juga bisa coba buat sendiri Padak Chicken ini untuk disantap bersama pasangan dan keluarga di rumah.

2. Dakgangjeong

Kalau kamu ingin mengobrol santai bersama pasangan atau keluarga, Dakgangjeong bisa menjadi pilihan. Olahan ayam satu ini biasanya dijadikan camilan dengan rasa manisnya yang khas. Tak hanya itu, Dakgangjeong menggunakan potongan ayam kecil-kecil tanpa tulang, jadi tidak akan repot saat menyantapnya.

Untuk proses pembuatannya, pertama-tama ayam digoreng menggunakan tepung sampai renyah. Lalu dicampur dengan saus yang terbuat dari madu atau corn syrup dan biji wijen. Dakgangjeong berbalut saus manis yang khas pun siap untuk disantap.

3. Sunsal Chicken

Ingin menyantap olahan ayam tanpa tulang tapi tidak mau yang rasanya manis seperti Dakgangjeong? Tenang, masih ada ragam pilihan ayam ala Korea lainnya yang bisa untuk kamu coba.

Satu lagi olahan ayam tanpa tulang yang cocok untuk menjadi camilan santai adalah Sunsal Chicken. Seperti ragam ayam ala Korea lainnya, Sunsal Chicken merupakan ayam goreng tepung lalu diberikan saus. Untuk sausnya, kamu bisa menggunakan saus pedas atau saus bawang putih sesuai selera.

Sunsal Chicken adalah salah satu pilihan tepat untuk menemani kamu menghabiskan quality time. Tidak perlu repot karena ada tulang, Sunsal Chicken bisa menjadi santapan santai. Cocok untuk menjadi teman bercengkrama dengan pasangan dan keluarga tersayang.

4. Buldak Mozzarella

Kalau kamu ingin santapan ayam yang pedas, kamu bisa mencoba Buldak Mozzarella. Buldak sendiri dalam Bahasa Korea berarti ayam api, menunjukkan pedasnya sajian yang satu ini. Tidak tanggung-tanggung, Buldak menggunakan bahan-bahan seperti cabai bubuk, cabai kering, dan gochujang.

Agar lebih mantap, Buldak ditambahkan dengan mozzarella sesuai selera. Tambahkan juga daun bawang dan biji wijen supaya makin sedap. Perpaduan rasa pedas dan gurihnya cheese dari Buldak Mozzarella akan membuat kumpul santai kamu lebih seru.

5. Angma Chicken

Masih penasaran ingin coba olahan ayam pedas khas Korea lainnya? Saatnya kamu mencoba Angma Chicken, alias The Devil Chicken. Dari namanya saja sudah terbayang betapa pedasnya olahan ayam yang satu ini, bukan?

Proses pembuatan Angma Chicken secara garis besar mirip dengan ragam olahan ayam Korea lainnya. Pertama-tama, Angma Chicken digoreng sampai krispi menggunakan tepung bumbu. Setelah matang, ayam lalu dicampur dengan saus super pedas secara merata.

Angma Chicken cocok buat kamu serta pasangan atau keluarga yang memang doyan dengan makanan pedas. Eits, tapi jangan lupa siapkan minum juga, ya!

6. Dakgalbi

Selanjutnya ada olahan ayam tumis pedas yang disebut dengan Dakgalbi. Dakgalbi merupakan ayam yang dipotong-potong dadu dan ditumis dengan beragam sayuran. Sebelum ditumis, daging ayam tersebut diasinkan terlebih dahulu menggunakan rendaman saus gochujang.

Untuk proses memasaknya, daging ayam ditumis dengan campuran bahan sayuran yang sudah disiapkan. Beberapa bahan yang sering digunakan adalah ubi jalar, daun perilla, kol, daun bawang, tteok atau kue beras, dan lain-lain.

Kamu juga bisa menyantap Dakgalbi dengan membungkusnya menggunakan selada atau daun perilla. Makanan Korea memang khas dengan bungkusan daun, terutama untuk sajian dagingnya. Rasanya jadi makin mantap!

7. Yangnyeom Tongdak

Ragam olahan ayam yang terakhir dan tak kalah menggiurkannya adalah Yangnyeom Tongdak. Rasa pedas manis yang khas cocok untuk kumpul santai bersama pasangan dan keluarga. Disebut juga dengan seasoned chicken, olahan ayam satu ini cukup mudah untuk kamu coba buat sendiri.

Kamu hanya perlu menggoreng ayam menggunakan Tepung Bumbu Ayam Goreng Ala Korea dari MamaSuka. Kalau kamu suka dengan rasa yang pedas, bisa pilih yang varian SpicyTapi kalau ingin rasa yang lebih gurih, kamu bisa pilih varian Original atau Garlic.

Selanjutnya kamu perlu menyiapkan sausnya yang terdiri dari saus gochujang, saus tomat, bawang putih, kecap asin, madu, dan jeruk nipis. Tumis bahan saus dan masukkan ayam yang sudah digoreng tadi. Aduk-aduk sampai bumbu saus merata pada ayam, lalu angkat.

Mudah, bukan? Jangan lupa untuk menaburkan biji wijen pada Yangnyeom Tongdak yang sudah matang, ya. Sajikan olahan ayam ini saat masih hangat agar rasanya lebih nikmat. Selamat mencoba!

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *