Mengenal Lebih Jauh Tentang Musik Phonk

informasi, Musik175 Views
banner 468x60

BERITAGARUT.COM — Mungkin sulit untuk mengikuti perkembangan lanskap musik internet saat ini yang terus berubah. Rasanya genre dan gaya baru, dengan estetika dan nama yang berbeda, bermunculan setiap hari di SoundCloud, TikTok, YouTube, dan di mana pun. Sulit bagi penggemar biasa untuk mengikuti setiap artis dan musik yang menghiasi feed Anda. Namun, ada satu genre internet khususnya yang telah beredar cukup lama sekarang—phonk—dengan banyak pendengar yang tidak terbiasa dengan akarnya yang dalam dalam sejarah hip hop.

 

banner 336x280

Apa itu phonk?

“Phonk,” salah eja dari “funk,” pertama kali diciptakan oleh rapper SpaceGhostPurrp untuk menggambarkan musiknya sendiri: “phonk Miami yang sesungguhnya,” seperti yang ia katakan. Nama tersebut terinspirasi oleh G-funk yang didengar SpaceGhostPurrp sejak kecil—ia menciptakan istilah “phonk” dengan tujuan untuk “bersantai dan membuat pesta tetap meriah dengan gaya.”

Akan tetapi, asal muasal genre santai dan asyik ini muncul jauh sebelum SpaceGhostPurrp menjadi terkenal di awal tahun 2010-an, dan jauh dari Miami, Florida—kita harus berterima kasih kepada kota Memphis, Tennessee atas bunyi-bunyi yang berkembang menjadi phonk.

 


Asal usul phonk

Pada awal 1990-an, saat boom bap sedang naik daun di New York City dan G-funk mendominasi Pantai Barat, artis hip hop di Memphis mengembangkan suara mereka sendiri. Produser seperti DJ Paul, DJ Squeeky, dan DJ Spanish Fly menggunakan mesin drum dan sampler untuk menciptakan ketukan santai di tengah waktu. Sampel melodi yang menghantui dan pola drum yang terbuka lebar memberi banyak ruang bagi MC lokal untuk melontarkan lirik cepat.

Juicy J dan Crunchy Black dari Three 6 Mafia, serta banyak lainnya, mulai menyempurnakan gaya rap yang unik, penuh dengan citraan yang hidup dan bahasa yang vulgar. Gaya ini, terkadang disebut “horrorcore” karena detailnya yang mengerikan dan sampel yang menyeramkan (terkadang diambil langsung dari film slasher ), menyebar dengan cepat ke seluruh kota dan sekitarnya (jika Anda tidak familier dengan rap Memphis, Three 6 Mafia, Gangsta Boo, dan Tommy Wright III semuanya merupakan titik awal yang bagus).

Pengaruh Memphis tidak diragukan lagi sangat luas. Gucci Mane menyebut suara kota itu sangat penting bagi perkembangan musik trap Atlanta, gaya hip hop yang telah mendominasi tangga lagu AS selama lima belas tahun terakhir (cowbell sintetis ikonik 808, sampel klasik di seluruh mixtape trap awal, menjadi populer di kalangan produser Memphis beberapa tahun sebelumnya). Album Beyoncé yang memenangkan GRAMMY, RENAISSANCE, bahkan dibuka dengan sampel rapper Memphis, Princess Loko, dari “Still Pimpin” oleh Tommy Wright III. Namun, tidak ada tempat yang lebih jelas pengaruh kota itu daripada genre hip hop yang lahir di internet, yaitu phonk.


Budaya DIY dan suara lo-fi

Tidak seperti kota New York dan Los Angeles, tempat label rekaman mulai mengontrak rapper populer di mana-mana, sebagian besar artis Memphis terpaksa mengambil pendekatan DIY sepenuhnya untuk distribusi. Rapper akan membakar sejumlah kecil kaset untuk didistribusikan ke toko kaset lokal, DJ, dan teman-teman. Banyak lagu klasik dari era ini masih bertahan berkat kaset-kaset ini, meninggalkan karakter yang kabur dan terkompresi yang disukai penggemar. Efek ini bahkan lebih kuat berkat kecenderungan genre ini pada hook yang disampel ulang, biasanya diambil dari kaset lo-fi lainnya, yang menciptakan lapisan demi lapisan crunch, warble, dan fuzz.

Seiring berkembangnya hip hop lo-fi melalui platform daring, efek rekaman ini mulai diminati banyak orang. Beberapa artis yang sebelumnya tidak begitu dikenal luas pada masanya bahkan telah merilis ulang musik mereka dengan sukses dalam beberapa tahun terakhir, berkat kembalinya minat terhadap suara ini.

Para produser mulai menyukai tidak hanya artefak lo-fi ini, tetapi juga banyak suara lain yang terkait dengannya—misalnya, 808 cowbells and kicks, half-time beats, dan chop-and-screwed hooks. Suara-suara ini mulai mengalami kebangkitan di komunitas daring, dan banyak produser mulai membuat ketukan yang terinspirasi oleh gaya unik Memphis.

Namun, beberapa sisa genre hip hop lain mulai menemukan jalannya ke dalam lagu-lagu ini—sampel jazz, seperti yang mengantar popularitas lo-fi hip hop, mulai menemukan tempatnya di beberapa lagu. Tempo yang jauh lebih lambat, terkadang berubah nada juga menjadi populer, terinspirasi oleh gaya remix DJ Screw yang inovatif. Lagu phonk klasik Lil Ugly Mane “Serious Shit” adalah contoh hebat dari kedua perubahan ini; vokal yang diubah nadanya dan dipotong-potong melayang di atas saksofon jazz yang lembut, didasari oleh drum Memphis yang keras dan tak dapat disangkal.


Apa itu drift phonk?

Phonk mungkin lahir dari kecintaan terhadap artis rap Memphis, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, subgenre mulai menjauh dari akar genre tersebut di hip hop. Subgenre yang dikenal sebagai drift phonk menggabungkan estetika balap cepat untuk menciptakan varian yang terinspirasi EDM dan berenergi tinggi. Gaya khusus ini telah menemukan tempatnya di platform seperti TikTok dan YouTube—campuran sering kali sangat berlebihan dan lo-fi, dengan melodi cowbell 808 dan potongan sampel yang intens menjadi pusat perhatian. Sering kali, bar cepat dan menawan yang menjadi kunci awal genre ini dikesampingkan demi tekstur yang lebih elektronik dan lebih berat pada produksi.


Apa itu phonk house?

Drift phonk juga telah menyusup ke genre EDM lainnya, menciptakan, misalnya, genre hibrida phonk house: alur house yang mudah dikenali, tetapi dikelilingi oleh tekstur gelap dan lo-fi yang menjadi ciri khas phonk.

Atau, di sisi lain genre tersebut, beberapa artis khususnya terinspirasi oleh elemen-elemen horrorcore yang lebih gelap. Memadukan hip hop dengan elemen-elemen metal, industrial, dan genre-genre hardcore lainnya, beberapa rapper mulai berteriak-teriak melalui rap horrorcore mereka. Sering kali, artis-artis yang terinspirasi oleh horor ini juga akan memasukkan gitar metal, drum rock, atau sampel suara keras untuk memperkuat perasaan takut dan gelisah ini.


Kesimpulan

Phonk telah berkembang pesat, dan terus berubah. Ada kaum puritan yang bersikeras bahwa genre tersebut seharusnya hanya merujuk pada subgenre hip hop asli, yang berakar pada sejarah Memphis dan asal usul hip hop selatan. Penggemar lain memiliki definisi yang lebih inklusif, termasuk drift phonk, hardcore horrorcore, dan variasi elektronik lainnya.

Tidak mengherankan bahwa, seiring perkembangannya, phonk telah menjangkau berbagai macam artis dan penggemar, dengan berbagai gaya dan pendapat tentang genre tersebut. Seiring terus menyebarnya, phonk tidak dapat dielakkan lagi akan terus berkembang, menjangkau ceruk dan subgenre baru untuk dijelajahi oleh para artis. 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *