PDAM Tirta Intan Garut Percontohan Bantuan Hibah Australia

0
90

Berita Garut – Pemerintah Kabupaten Garut menerima Kunjungan Kerja DFAT Australia yang didampingi Direktorat Jendral Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Kedatangan DFAT Australia untuk melakukan evaluasi pelaksanaan independent review program hibah air minum dan sanitasi bantuan Australia pada 2013 dan 2014.

Rombongan DFAT Australia diterima Bupati Garut, Rudy Gunawan, Direktur PDAM Doni Suryadi, langsung meninjau ke lokasi rumah konsumen yang sudah terpasang sambungan PDAM.

Direktorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum Republik IIndonesia, Elkana Catur yang juga sebagai Wakil Manajer Central Program Menejer Unit (CPMU) mengatakan, DFAT Australia melakukan kunjungan kerja bertujuan untuk mengevaluasi bantuan hibah yang telah diluncurkan pemerintah Australia ke Indonesia melelalui Kementrian PUPR.

“Kabupaten Garut, salah satu daerah yang menerima bantuan hibah dari Pemerintah Australia, untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam sambungan air bersih ke rumah-rumah,” ujarnya, Jum’at (6/10/2017).

Dikatakan Catur, bantuan hibah dari Pemerintah Australi, Kabupaten Garut, merupakan salah satu Kabupaten/Kota yang menjadi percontohan di Jawa Barat. Yang mana dalam penerapan bantuan hibah Australia targetnya tercapai 100 persen.

“Sebanyak 4000 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bisa menikmati air bersih. Setelah di pasang sambungan baru. Tak tanggung sebesar Rp11 milyar Pemerintah Australia menggelontorkan anggarannya,” sebut Catur.

Direktur PDAM Tirta Intan Garut, Doni Suryadi, menuturkan, PDAM Tirta Intan kerjasama dengan pemerintan Australia sudah terjalin dengan baik. MBR sudah bisa menikmati air bersih yang sumbernya dari PDAM Tirta Intan.

“4000 MBR, menikmati sambungan baru atas bantuan hibah Pemerintan Australia,” katanya.

Doni berharap, bantuan serupa bisa kembali di terima oleh Pemerintah Kabupaten Garut, pada tahun mendatang. Yang mana kategori MBR di Garut, masih banyak.

“Masih banyak MBR di Kabupaten Garut yang membutuhkan bantuan tersebut,” kata Doni.

Diakuinya, Kabupaten Garut merupakan salah satu Kabupaten/Kota yang mendapatkan kunjungan dari Pemerintah Australia. Lantaran, dianggap dalam penerapan bantunnya tercapai sesuai dengan target.

“Allhamdulillah di kategorikan Kabupaten percontohan bersama Kabupaten Bandung,” singkat Doni.

 

Sumber : FokusJabarCom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here