Garut Gelorakan Tolak Obat Illegal

0
75

Berita Garut – Sejumlah pengusaha yang bergerak di bidang farmasi, baik Apotek maupun pengusaha Jamu melakukan deklarasi penolakan peredaran obat ilegal di kabupaten Garut, Jawa Barat.

Ketua Ikatan Apotek Indonesia (IAI) Garut, Agus Hilman, mengatakan deklarasi ini sebagai upaya pencegahan sekaligus kesadaran bagi pelaku usaha farmasi akan bahaya yang ditimbulkan dari peredaran obat ilegal.

“Kami akan terus konsen melakukan penolakan terhadap berbagai obat ilegal yang beredar di Garut,” ujarnya, di sela-sela deklarasi penolakan peredaran obat ilegal di Kabupaten Garut, di Aula Universitas Garut, Rabu (04/10/2017).

Kepala bidang sumber daya kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, dr Tri Cahyo menambahkan, Dinasnya mendukung terhadap upaya pencegahan peredaran obat ilegal yang dilakukan IAI.

“Deklarasi penolakan semacam ini memang sangat diperlukan,apalagi muncul dari para pelaku usaha obat,” tegasnya.

Tri menambahkan, ada empat elemen yang memiliki peranan penting dalam pencegahan peredaran obat ilegal. Pertama Dinas Kesehatan terkait pembinaan dan pengelolaan obat sarana keparfamasian, Kedua Badan POM sebagai pengawasan, Ketiga BNN sebagai pencegahan dan dari Polres kasat narkoba sebagai penindakan.

Selain perwakilan dari Ikatan Apotek Indonesia (IAI), Persatuan Pengusaha Farmasi Indonesia (PAFI), Pengusaha Jamu Garut (PJG), hadir pula beberapa narasumber dari Dinas Kesehatan, BNN, Badan POM dan Polres Garut.

 

Sumber : FokusJabarCom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here